KARANG TARUNA

Nama Lembaga: KARANG TARUNA
Singkatan: KT
Dasar Hukum / SK Pembentukan:
Alamat Kantor: Jl. Raya Gunungwungkal No.15 Sendangrejo, Tayu
Profil KT

Karang Taruna adalah suatu organisasi kepemudaan yang berbasis di Indonesia. Organisasi ini memiliki peran penting dalam pemberdayaan dan pengembangan pemuda dan pemudi di tingkat desa, kecamatan, dan kota. Karang Taruna bertujuan untuk menggerakkan dan memotivasi pemuda dan pemudi agar aktif dalam berbagai kegiatan sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan.

Tujuan utama dari Karang Taruna adalah mendorong pertumbuhan dan perkembangan potensi generasi muda serta meningkatkan peran serta mereka dalam pembangunan lokal. Organisasi ini berfokus pada pengembangan keterampilan, kepemimpinan, kewirausahaan, dan nilai-nilai sosial di antara pemuda dan pemudi agar mereka dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat.

Beberapa kegiatan yang sering dilakukan oleh Karang Taruna antara lain pelatihan keterampilan, kampanye lingkungan, kegiatan sosial, event budaya, dan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup anggota masyarakat. Karang Taruna juga dapat berperan dalam membantu pemerintah daerah dalam merumuskan dan melaksanakan program-program pembangunan yang berfokus pada pemuda dan pemudi.

Setiap Karang Taruna memiliki struktur organisasi sendiri, termasuk kepengurusan dan program-program yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik lokal. Organisasi ini merupakan wadah penting bagi generasi muda Indonesia untuk berkontribusi dalam pembangunan dan perubahan positif di tingkat desa dan komunitas

Visi & Misi KT

Visi:

"Menjadi wadah pembinaan dan pemberdayaan pemuda dan pemudi yang aktif, kreatif, dan berprestasi dalam mewujudkan masyarakat yang harmonis, mandiri, dan berdaya saing."

Misi:

  1. Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan potensi pemuda dan pemudi desa dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan.
  2. Mengembangkan dan melaksanakan program-program kreatif dan inovatif guna mengaktifkan partisipasi pemuda dan pemudi dalam pembangunan desa.
  3. Menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial dan kewirausahaan di kalangan pemuda dan pemudi melalui kegiatan sosial dan pelatihan.
  4. Mendorong kolaborasi dengan lembaga-lembaga terkait, pemerintah desa, dan pihak swasta untuk meningkatkan peluang pengembangan pemuda dan pemudi.
  5. Menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya dan adat istiadat lokal melalui kegiatan-kegiatan kebudayaan yang melibatkan generasi muda.
  6. Menginisiasi program-program kreatif dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat desa.
  7. Mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan manajemen organisasi di antara anggota Karang Taruna.

Tugas Pokok & Fungsi KT

ugas Pokok:

  1. Membina Kader Pemuda: Melakukan pembinaan dan pengembangan kader pemuda yang berakhlak mulia, memiliki kepemimpinan yang baik, dan berpotensi untuk menjadi agen perubahan di lingkungan masyarakat.

  2. Pengembangan Potensi Pemuda: Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memanfaatkan potensi dan kreativitas pemuda dalam berbagai bidang, seperti seni, budaya, olahraga, kewirausahaan, dan lainnya.

  3. Partisipasi dalam Pembangunan: Mendorong partisipasi aktif pemuda dalam program pembangunan lokal, termasuk kegiatan sosial, lingkungan, pendidikan, dan kesehatan, serta turut berperan dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

  4. Penggerak Kegiatan Sosial: Menjadi penggerak dalam kegiatan sosial, seperti pemberdayaan masyarakat, kampanye sosial, penyuluhan kesehatan, dan program kemanusiaan untuk mengatasi masalah sosial dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

  5. Promosi Budaya dan Seni: Memperkuat identitas budaya dan seni daerah dengan menggelar berbagai kegiatan dan festival budaya, serta melestarikan warisan budaya lokal.

Fungsi : 

  1. Pengorganisasian: Mengelola dan mengkoordinasi anggota Karang Taruna untuk berpartisipasi dalam berbagai program dan kegiatan organisasi.

  2. Pelaksanaan Program: Melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang sesuai dengan misi dan visi Karang Taruna, seperti pelatihan, lokakarya, kegiatan sosial, olahraga, budaya, dan lainnya.

  3. Kolaborasi dan Kemitraan: Bekerja sama dengan pemerintah daerah, lembaga non-pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan mitra lainnya dalam melaksanakan kegiatan dan program, serta menciptakan sinergi untuk pemberdayaan pemuda dan masyarakat.

  4. Pendataan dan Monitoring: Melakukan pendataan anggota, kegiatan, dan capaian organisasi, serta melakukan monitoring untuk memastikan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program.

  5. Advokasi: Mengadvokasi kepentingan dan aspirasi pemuda kepada pihak terkait untuk mendukung kebijakan yang berpihak pada pemberdayaan pemuda dan pembangunan masyarakat.

  6. Etika Organisasi: Memegang teguh etika organisasi dan kepemudaan, termasuk integritas, tanggung jawab, dan keterbukaan dalam menjalankan tugas dan kegiatan Karang Taruna.

Kepengurusan KT

Nama Jabatan Pendidikan
Nama Anggota KETUA Tingkat Pendidikan Terakhir